Sabtu, 29 Juni 2013

Merencanakan Penelitian dan Publikasi

Kita sebagai peneliti maupu calon peneliti harus memahami pentingnya cara pembuatan teks akademik. Apa pentingnya publikasi bagi kita? Publikasi penting bagi peneliti untuk mengetahui adanya informasi riset. Informasi riset ini penting untuk mengetahui apakah riset tersebut masih relevan atau tidakkah terhadap permasalah bangsa saat ini.
Mengapa kita harus publikasi ilmiah? Publikasi ilmiah harus kita lakukan untuk membentuk novelty dan dapat mengungkapkan penelitian tersebut secara kronologis penelitian tersebut hingga diperoleh kebaruan yang dapat digunakan untuk menjawab permasalah-permasalahan di sekitar kita ataupun permasalahan bangsa.
Untuk memulai riset, kita perlu untuk tahu masalah apa yang akan mendasari riset tersebut. Masalah-masalah ini bisa berasal dari lingkungan hidup kita. Masalah-masalah ini bias saja menjadi masalah yang cukup sederhana di dalam lingkungan kita tetapi membutuhkan penyelesaian yang cukup rumit. Contoh masalah yang sederhana di dalam kehidupan kita adalah lampu yang berada di dalam ruangan. Lampu yang berada di dalam ruangan bias menjadi permasalahan seperti, bila di dalam ruangan tersebut tidak ada orang, maka lampu tersebut tetap menyala. Hal ini akan menjadi isu penghematan energi, sehingga harus dicari penyelesaian permasalahan tersebut.
Berdasarkan permasalahan tersebut, lalu muncul ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Seperti contoh di atas, ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah, bagaimana mencari solusi dari penghematan energi untuk lampu tersebut. Kemudian muncul pertanyaan lagi apa yang harus dilakukan untuk membuat lampu hemat energy, dan seterusnya.

Setelah ide-ide tersebut muncul, kemudian dilakukanlah studi literatur untuk membentuk suatu rancangan penelitian atau proposal. Studi literatur ini harus dilakukan hingga membentuk penelitian yang nantinya akan memiliki kebaruan dalam bidang ilmu. Setelah terbentuk proposal akhirnya seseorang peneliti akan melakukan riset dan menhasilkan hasil riset. Selanjutnya, hasil riset ini akan dipublikasikan untuk menyampaikan kebaruan dari riset bidang tersebut.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar