Jumat, 28 Juni 2013

Membangun Kapasitas dan Karakter Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin tentunya membutuhkan kapasitas dan karakter. Apa yang dimaksud dengan kapasitas. Kapasitas adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Orang bias saja memiliki kapasitas yang bagus, tetapi belum tentu dia akan menjadi pemimpin yang baik. Hal yang sama juga dapat terjadi jika sesorang memiliki watak atau karakter yang bagus, tetapi tidak memiliki kapasitas yang memadai sebagai pemimpin. Oleh karena itu, pembangunan karakter dan kapasitas sebagai seorang pemimpin sangat penting.
Untuk membentuk pembangunan karakter dan kapasitas bagi seorang pemimpin, harus dijawab terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan kuncinya. Kapasitas apa yang diperlukan bagi seorang pemimpin? Karakter apa yang diperlukan bagi seorang pemimpin? Tantangan apa yang akan dihadapi oleh seorang pemimpin, baik di tingkat nasional maupun global? Untuk menjawab hal-hal tersebut diperlukan pengetajuan yang banyak. Tentu asja bahwa kapasitas maupun karakter seorang pemimpin berbeda-beda, bergantung pada hal yang dipimpinnya.
Pembangunan kapasitas umumnya dilakukan dalam 2 hal yaitu pengembangan sumber daya manusia (human resources development) dan pengembangan organisasi (organizational development). Tingkat pengembangan kapasitas yaitu ada pada tingkat personal dan tingkat institusional.

Mengapa kita harus membangun karakter? Karena karakter merupakan tulang punggung pendidikan. Sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak. Karakter yang bagus dari seorang pemimpin adalah bersifat adil, jujur dan tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar